Menjadi Mahasiswa UGM

Hallo,.. kebetulan nih, saya merupakan salah satu mahasiswa yang terdaftar secara resmi di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), untuk itu, saya akan mereview sedikit mengenai kampus yang sering disebut dengan kampus biru ini.

Source : hukor.ugm.ac.id

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 sebagai Universitas yang bersifat nasional. Universitas Gadjah Mada termasuk sebagai universitas yang tertua di Indonesia yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembina di Indonesia.

Kantor Pusat UGM berlokasi di Kampus Bulaksumur Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan jumlah program studi mencapai 251 program studi. Seluruh kegiatan Universitas dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Lebih dari 56.000 mahasiswa dari dalam dan luar negeri menjalankan studi di Universitas Gadjah Mada pada jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana (S2 dan S3).

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu Universitas yang populer, sering menjadi tujuan utama bagi setiap lulusan SMA, SMK, dan sederajat. Setiap kali ada pertanyaan kuliah dimana? kemudian di jawab Di Jogja, 90% pertanyaan kedua adalah UGM ya?? hahaha saya yakin mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di Jogja pasti mengalami hal ini. Padahal universitas yang ada di Yogyakarta banyak sekali, tidak hanya UGM. 😀

Mahasiswa yang kuliah di UGM lebih terlihat keren dibanding dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainya di Jogja, Mahasiswa yang kuliah di UGM juga lebih kelihatan jenius dibanding mahasiswa di universitas lainya. Namun saya kasih bocoran sedikit, memang mereka terlihat lebih keren, namun, sebenarnya mereka belum tentu kok lebih jago dari kamu kamu yang kuliah di Universitas lain. Bedanya, mahasiswa UGM dididik lebih keras, lebih keras dalam artian disini adalah mengenai cara belajarnya, disamping tugas kuliah yang sangat banyak, untuk mendapatkan nilai A itu perlu kerja keras, karena hampir setiap dosen di UGM mempunyai standar yang tinggi untuk memberikan nilai. Oleh karena itu, mau tidak mau mahasiswa harus bisa menyesuaikan dengan standar nilai yang tinggi itu, harus lebih giat belajar, karena kalau tidak ya akan ketinggalan..

Kalau dipikir-pikir, UGM itu sudah curang dulu di awal, bagaimana tidak menjadi lebih unggul dari universitas lain kalau mau masuk saja sudah ada seleksi yang ketat, dan otomatis yang diterima adalah siswa-siswi yang sudah mempunyai kulifikasi di atas rata-rata. Baru siswa-siswi yang tidak diterima itu, otomatis akan mencari alernatif universitas lain selain UGM. Bukan begitu ? hahaha

Kuliah di UGM tidak menjamin kamu mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang bagus, semua itu tergantung dari priadi masing-masing. Diterima di UGM saja belum cukup, kamu perlu giat belajar lagi untuk mencapai impian kamu, jadi bangga boleh, tapi jangan sombong ya.. karena setiap manusia pasti punya kelebihan masing-masing, entah itu dibidang akademis atau yang lainya.

Jadi, kamu yang belum bisa diterima menjadi mahasiswa UGM jangan berkecil hati, belajar bisa di mana saja, asal kamu gigih dan terus semangat. OK

Leave a Reply

Your email address will not be published.