Database MySQL (JOIN)

JOIN

Table references atau disebut juga JOIN pada MySQL adalah sebuah cara untuk menggabungkan dua buah tabel atau lebih dengan persyaratan tertentu yang telah definisikan pada perintah SQL.

INNER JOIN

INNER JOIN, CROSS JOIN, dan JOIN pada MySQL mempunyai peranan yang sama dan dapat menggantikan satu sama lain. Tipe JOIN ini adalah yang paling sederhana dan relatif paling mudah dipahami. INNER JOIN menampilkan seluruh data pada tabel pertama (tabel kiri) yang mempunyai kecocokan dengan tabel kedua (tabel kanan). Representasi visual dari tipe JOIN ini adalah sebagai berikut:Secara umum perintah INNER JOIN adalah sebagai berikut:

SELECT <select_list>

FROM Table_A as A

INNER JOIN Table_B as B

ON A.Key = B.Key;

Sebagai contoh perintah INNER JOIN untuk tabel A dan B dengan perintah:

SELECT *

FROM A

INNER JOIN B

ON A.Nomer = B.Nomer;

LEFT JOIN

Left JOIN akan menampilkan seluruh data pada tabel pertama (tabel kiri) baik data yang mempunyai pasangan dengan data di tabel kedua (tabel kanan) maupun tidak, dan juga menampilkan data pada tabel kanan yang mempunyai pasangan dengan data di tabel kiri. Representasi visual dari tipe JOIN ini adalah sebagai berikut:

Secara umum perintah Left JOIN adalah:

SELECT <select_list>

FROM Table_A as A

LEFT JOIN Table_B as B

ON A.Key = B.Key;

Sebagai contoh perintah Left JOIN untuk tabel A dan B dengan perintah:

SELECT *

FROM A

LEFT JOIN B

ON A.Nomer = B.Nomer;

RIGHT JOIN

Right JOIN adalah kebalikan dari Left JOIN. Right JOIN akan menampilkan seluruh data pada tabel kedua (tabel kanan) baik data yang mempunyai pasangan dengan data di tabel kedua (tabel kanan) maupun tidak, dan juga menampilkan data pada tabel kiri yang mempunyai pasangan dengan data di tabel kanan. Representasi visual dari tipe JOIN ini adalah sebagai berikut:Secara umum perintah Right JOIN adalah:

SELECT <select_list>

FROM Table_A as A

RIGHT JOIN Table_B as B

ON A.Key = B.Key;

Sebagai contoh perintah Right JOIN untuk tabel A dan B dengan perintah:

SELECT *

FROM A

RIGHT JOIN B

ON A.Nomer = B.Nomer;  

Leave a Reply

Your email address will not be published.