Open Office Calc (HLOOKUP dan VLOOKUP)

VLOOKUP dan HLOOKUP

Penulisan kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(Nilai kunci;Range Tabel;Nomor Indeks Kolom)

=HLOOKUP(Nilai Kunci;Range Tabel;Nomor Indeks Baris)

Fungsi ini digunakan untuk mencari suatu niali dari tabel yang direferensikan (Range Tabel), berdasarkan suatu nilai kunci tertentu. Bila terdapat kesesuaian antara Nilai kunci dengan nilai pada Range Tabel, maka fungsi tersebut akan mengambil nilai dari Range Tabel pada kolom/baris yang mempunyai indeks sama dengan Nomor Indeks kolom/baris.

Contoh:

Akan dicari Jenis Mobil dan Total Biaya yang terdapat pada tabel Daftar Sewa Mobil.

  1. Letakkan kursor pada kolom E15, kemudian tulis formula berikut =VLOOKUP(C15;$B$4:$D$8;2) maka akan muncul SUZUKI pada kolom Jenis mobil. Artinya adalah komputer mencari nilai C15 (M103) pada range tabel B4:D8 kemudian mengambil nilai sel C7 (SUZUKI) karena C7 yang mempunyai baris yang sama dengan sel yang memuat M103 pada range tabel B4:D8 pada kolom dengan nomor indeks 2.
  2. Untuk Total Biaya, letakkan kursor pada kolom F15, kemudian tulis formula berikut =D15*(VLOOKUP(C15;$B$4:$D$8;3)) maka akan muncul angka 225000 pada kolom Total Biaya. Perhatikan formula terdapat D15* yang berarti penggunaan suatu fungsi perkalian kemudian dikombinasikan dengan VLOOKUP. Pada kasus ini, karena indeks kolom yang ditunjuk adalah kolom nomor 3, maka hasil yang diperoleh merujuk pada kolom nomor 3, yaitu tarif per hari.

Contoh Penggunaan HLOOKUP :

Perhatikan tabel di atas, untuk tabel Kode Mobil diasjikan dalam bentuk horizontal, untuk itu, kita ganti masing-masing formulanya dengan HLOOKUP.

  1. Pada kolom Jenis mobil, Letakkan kursor pada kolom E15, kemudian tulis formula berikut =HLOOKUP(C15;$B$4:$F$6;2) maka akan muncul SUZUKI pada kolom Jenis mobil. Artinya adalah komputer mencari nilai C15 (M103) pada range tabel B4:F6 kemudian mengambil nilai sel E5 (SUZUKI) karena E5 yang mempunyai baris yang sama dengan sel yang memuat M103 pada range tabel B4:F6 pada kolom dengan nomor indeks 2.
  2. Untuk Total Biaya, letakkan kursor pada kolom F15, kemudian tulis formula berikut =D15*(HLOOKUP(C15;$B$4:$F$6;3)) maka akan muncul angka 225000 pada kolom Total Biaya. Perhatikan formula terdapat D15* yang berarti penggunaan suatu fungsi perkalian kemudian dikombinasikan dengan HLOOKUP. Pada kasus ini, karena indeks kolom yang ditunjuk adalah kolom nomor 3, maka hasil yang diperoleh merujuk pada kolom nomor 3, yaitu tarif per hari.

Demikian perbedaan penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP pada Open Office Calc, Semoga bermanfaat 😀

One thought on “Open Office Calc (HLOOKUP dan VLOOKUP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.