Basis Data MySql

Perintah yang digunakan untuk menampilkan data adalah SELECT. Perintah ini akan menampilkan baris data yang ada pada basis data dalam bentuk tabel. Perintah SELECT tidak akan merubah data maupun struktur tabel yang disimpan. Untuk menampilkan data secara lengkap dari sebuah tabel digunakan perintah:

SELECT * FROM nama_tabel;

Tanda * mengisyaratkan bahwa semua kolom akan ditampilkan tanpa terkecuali, sedangkan nama_tabel diganti dengan nama tabel yang datanya ingin ditampilkan. Berikut adalah contoh untuk menampilkan semua data pada tabel employees:

SELECT * FROM employees;

Apa bila ingin menampilkan kolom-kolom tertentu saja, maka simbol * dapat diganti dengan nama kolom yang ingin ditampilkan. Berikut adalah contoh perintah untuk menampilkan data yang ada pada kolom first_name dan last_name pada tabel employees:

SELECT first_name, last_name FROM employees;

Penggunaan perintah SELECT dapat dilengkapi dengan klausa WHERE sebagai syarat spesifikasi data yang ingin ditampilkan. Contohnya adalah ketika ingin ditampilkan data nama pegawai yang nama belakangnya Maximoff, maka perintahnya:

SELECT first_name, last_name FROM employees WHERE last_name=’Maximoff’;

Klausa WHERE dapat berisi lebih dari satu persyaratan. Persyaratan satu dengan lainnya dapat disambung dengan menggunakan AND atau OR sesuai dengan kebutuhan. Persyaratan data yang digunakan dapat berupa sepesifikasi nilai kolom, jangkauan nilai kolom (untuk data numerik), kemiripan nilai kolom, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Berikut adalah contoh perintah untuk menampilkan data dari dua kolom dengan dua syarat, yaitu data yang ditampilkan harus mempunyai nomer pegawai (emp_no) 10005 atau setelahnya dan mempunyai nama belakang Wayne:

SELECT first_name, last_name FROM employees WHERE emp_no>=10005 AND last_name=’Wayne’;

Perintah SQL yang berikutnya akan menampilkan nama depan dan nama belakang pegawai yang nomer pegawainya diantara 10005 dan 10010:

SELECT first_name, last_name FROM employees WHERE emp_no BETWEEN 10005 and 10010;

Between dapat juga digunakan untuk tipe data yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. Contoh perintah berikut ini menggunakan variabel tahun sebagai parameter persyaratan BETWEEN untuk menampilkan data pegawai yang lahir tahun 1990 hingga 2000:

SELECT emp_no,first_name,last_name FROM employees WHERE YEAR(birth_date) BETWEEN ‘1990’AND’2000′;

Keterangan nilai NULL dan NOT NULL juga dapat digunakan untuk memilih data melalui klausa WHERE. Penggunaannya tidak dengan tanda sama dengan (=) namun dengan IS:

SELECT * FROM employees WHERE first_name IS NULL;

Kata kunci IN dapat digunakan apabila persyaratan nilai kolom yang diinginkan lebih dari satu. Kata kunci IN juga dapat digunakan untuk membuat subquery yang akan dibahas pada sub-bab nested query. Berikut adalah contoh penggunaan kata kunci IN untuk menampilkan data pegawai yang mempunyai nomer pegawai 10001, 10005, atau 10010:

SELECT * FROM employees WHERE emp_no IN (10001,10005,10010);

LIKE merupakan kata kunci dalam SQL yang digunakan untuk mendefinisikan suatu criteria yang lebih luwes (fleksibel). Kondisi yang dinyatakan dengan menggunakan LIKE dapat memfilter data sehingga kita dapat menampilkan suatu kriteria seolah dengan menggunakan bahasa inggris. Kriteria yang dibentuk juga dapat digunakan untuk melakukan pemfilteran data secara mudah dengan menggunakan tanda %, yang memerintahkan agar database mencari semua data yang memiliki karakter apa saja, karena % mewakili karakater apa saja.

Perintah dengan kondisi LIKE

SELECT * FROM nama_tabel WHERE nama_field LIKE ‘data_yang_dicari’;

Perintah ini akan menampilkan seluruh record dalam tabel yang memiliki data dalam nama field yang disebutkan sama dengan ‘data_yang_dicari’. Perintah ini sama seperti menggunakan perintah select yang menggunakan tanda sama dengan pada bagian kondisi.

SELECT * FROM nama_tabel WHERE nama_field LIKE ‘data_yang_dicari%’;

Perintah ini akan menampilkan seluruh record dalam tabel yang memiliki data dalam nama_field yang disebutkan diawali dengan ‘data_yang_dicari’.

SELECT * FROM nama_tabel WHERE nama_field LIKE ‘%data_yang_dicari’;

Perintah ini akan menampilkan seluruh record dalam tabel yang memiliki data dalam nama_field yang disebutkan pada bagian akhirnya ada ‘data_yang_dicari’.

SELECT * FROM nama_tabel WHERE nama_field LIKE ‘%data_yang_dicari%’;

Perintah ini akan menampilkan seluruh record dalam tabel yang data dalam nama_field yang disebutkan mengandung ‘data_yang_dicari’. % di awal dan % di akhir menunjukkan agar database mencarikan semua record yang di awal atau di akhir data pada nama field yang disebutkan terdiri atas karakter apa saja asalkan ada ‘data_yang_dicari’ dalam field tersebut.  

One thought on “Basis Data MySql

Leave a Reply

Your email address will not be published.