OPEN OFFICE CALC

FORMULA

Formula digunakan untuk melakukan perhitungan pada data yang dimasukan. Formula terdiri atas satu atau lebih alamat sel atau nilai tertentu dan sebuah operasi matematika, seperti ^ (pemangkatan), + (penjumlahan, – (pengurangan), * (perkalian) atau / (pembagian). Contoh: Menentukan nilai rata-rata dari nilai pada sel A1 sampai A3 = (A1+A2+A3)/3

Urutan prioritas operasi yang ada pada Open Office Calc adalah sebagai berikut:

Eksponensial dan persamaan dalam tanda kurung

Perkalian dan pembagian

Penjumlahan dan pengurangan

Referensi Absolut dan Relatif

Sebuah referensi absolut adalah sebuah referensi sel pada sebuah formula yang tidak berubah ketika disalin ke lokasi baru. Sebuah referensi relatif adalah referensi sel pada sebuah formula yang akan disesuaikan ketika disalin.

Ketika sebuah formula disalin dari satu tempat lembar kerja ke tempat lain, Open Office Calc menyesuaikan referensi sel pada formula relatif ke posisinya yang baru pada lembar kerja. Sebagai contoh: misal, sel B8 berisi formula =B2+B3+B4+B5+B6. Jika formula tersebut disalin untuk sel C8, Open Office Calc akan mengubah formula menjadi =C2+C3+C4+C5+C6 secara otomatis. Ini adalah cara kerja alamat sel relatif bekerja.

Tetapi adakalanya tidak diinginkan perubahan tersebut, maka digunakan alamat absolut. Untuk membuat sebuah referensi sel pada formula absolut, tambahkan simbol $ (simbol dolar) sebelum huruf dan angka yang mewakili alamat sel. Misal $A$4.

Contoh:

  1. Tulis seperti pada gambar
  2. Padasel A8 tulis formula = $B$1*2
  3. Drag formula ke kanan dan ke bawah
  4. Hasilnya adalah sebagai berikut

 

5. Pada sel B10 tulis formula = $B1*2 dan drag formula ke kanan dan ke bawah. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini

Terlihat perbedaanya kan, formula di atas menjelaskan bahwa fungsi relatif masih bekerja pada kolom B kebawah, karena yang diberi tanda $ hanya B nya saja tidak dengan nomor barisnya. Kolom tetap baris berubah.

6. Pada sel C11 tulis formula  = B$1*2 kemudian drag formula ke kanan dan ke bawah. Maka hasilnya akan tampak pada gambar di bawah ini

Terlihat perbedaanya kan.. ?? Formula di atas, jika di tarik tanda + ke kanan, maka akan berubah menjadi =C$1*2, = D$1*2, dan seterusnya. Hal ini dkarenakan yang diberi tanda $ hanya barisnya saja yaitu (1), baris tetap, kolom berubah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.